Senin, 02 Mei 2011

Jika Saya Menjadi Pemimpin

Seperti postingan sebelumnya, pemimpin adalah seorang yang berpengaruh pada sebuah organisasi. Seorang pemimpin adalah orang yang dapat memotivasi, menumbuhkan inspirasi dan orang yang mampu menyelesaikan konflik internal dalam organisasi. 
Jika dikemudian hari saya menjadi seorang pemimpin, maka apa yang akan saya lakukan jika :
a. Terjadi sebuah konflik internal didalam organisasi.
   Jika terjadi konflik didalam organisasi saya, saya akan menggunakan kekuasaan saya sebagai seorang pemimpin untuk menyelesaikan konflik tersebut dengan adil. Namun jika dirasa kurang efektif, saya akan membuat kedua belah pihak untuk berkompromi mencari jalan
keluarnya. Jika tidak berhasil juga apa boleh buat pihak yang berkonflik akan saya keluarkan dari organisasi demi kelangsungan dan kemajuan organisasi yang saya pimpin. Karena ditakutkan jika konflik berkepanjangan dalam organisasi akan membuat organisasi saya terhambat.
b. Memotivasi bawahan saya agar giat.
    Banyak sekali bawahan atau karyawan yang memang sungguh-sungguh dalam bekerja. Namun tidak sedikit juga bawahan yang hanya semaunya saja dalam bekerja. Disini jika dalam organisasi atau perusahaan saya terdapat satu atau beberapa bawahan saya yang tidak giat, maka saya sebagai seorang pemimpin harus dapat memotivasi bawahan saya itu agar giat bakerja. Saya akan berkata kepada seluruh bawahan saya "siapa saja yang kerjanya baik dan rajin, saya akan memberikan bonus lebih kepada ornag itu!" Dan diharapkan dengan adanya pemberian bonus itu seluruh bawahan saya mampu untuk bekerja lebih giat lagi.
c. Gaya kepemimpinan yang efektif.
    Banyak sekali macam gaya kepemimpinan yang ada. Namun menurut saya gaya kepemimpinan yang paling efektif untuk diterapkan adalah gaya kepemimpinan Demokratis. Disini saya sebagai pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis saya akan memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.
sumber gambar : link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar