Selasa, 18 Januari 2011

Manfaat bertukar Link (Link Exchange)

Apa itu tukeran link atau link exchange? Kenapa di blog saya ini dicantumkan laman khusus "Tukeran Link"? Apa maksud dari laman tersebut? 
Semua jawaban dari pertanyaan tersebut akan kita bahas di postingan ini.
Pertama kita harus tahu dahulu apa arti link exchange? Link exchange atau pertukaran link adalah sebuah fasilitas dimana para blogger menempatkan atau mencantumkan link-link atau alamat website lain di website atau blognya. Misalnya, blogger A mencantumkan alamat blogger B di blog nya. Kemudian blogger B pun harus mencantumkan alamat si blogger A. Jadi itulah yang dinamakan link exchange.
Kedua, kenapa saya mencantumkan laman khusus Tukeran Link? Setelah dijelaskan diatas apa itu link exchange. Sekarang saatnya membahas, kenapa saya mencantumkan laman khusus dan apa maksud dari
laman tersebut.
Para blogger yang saling bertukar link akan mendapatkan berbagai keuntungan, diantaranya adalah agar situs yang bertukar link tersebut dapat terindeks dengan baik oleh mesin pencari. Jadi situs yang bertukar link akan semakin besar keemungkinannya untuk bisa terbaca oleh mesin pencari seperti google. Selain itu link exchange juga dapat meningkatkan tingkat atau rangking pada situs tersebut.
Para pemilik situs atau blog tentunya ingin situsnya terindeks dengan baik oleh mesin pencari. Mereka juga pastinya akan sangat senang jika situsnya itu memiliki rangking yang baik. Jika suatu situs terindeks dengan baik oleh mesin pencari dan juga sudah memiliki rangking yang baik. Bukan tidak mungkin untuk situs tersebut bisa muncul pada halaman pertama di mesin pencari. Seperti contoh berikut ini
Gambar tersebut adalah gambar screen shoot pencarian dari salah satu mesin pencari yaitu yahoo. Dipencarian tersebut dimasukkan kata kunci studensite, dan pencarian dari kata tersebut pada nomor 4 merujuk ke halaman blog saya sendiri. Dan itulah apa yang diinginkan para pemilik situs, websitenya tampil dalam halaman pertama pada mesin pencari.
Di postingan selanjutnya insyaallah saya akan membahas bagaimana mesin pencari mengindeks situs-situs yang ada. 
Terimakasih dan budayakan komentar yang membangun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar