Selasa, 04 Januari 2011

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Proses Penyusunan Personalia, sumber : safrilblogwikipedia.
Proses penyusunan personalia (staffing process) dapat dipandang sebagai serangkaian kegiatan yang dilaksanakan terus menerus untuk menjaga pemenuhan kebutuhan personalia organisasi dengan orang-orang yang tepat dalam posisi-posisi tepat dan pada waktu yang tepat. Fungsi ini dilaksanakan dalam dua tipe lingkungan yang berbeda. Pertama, lingkungan eksternal yang meliputi seluruh faktor di luar organisasi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhinya. Kedua lingkungan internal, yang terdiri dari unsur-unsur di
dalam organisasi. Langkah-langkah proses ini mencakup :
1. Perencanaan.
Melakukan persiapan untuk melakukan perencanaan akan kebutuhan sumber daya manusia
dengan menentukan berbagai jenis pekerjaan yang akan timbul. Ada dua faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan persiapan, yaitu faktor internal seperti jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, departemen yang ada, dan lain-lain. Faktor eksternal seperti hukum ketenagakerjaan, kondisi pasa tenaga kerja, dan lain sebagainya.

2. Rekrutmen dan Seleksi.
   a. Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, buruh, karyawan, manajer atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan SDM organisasi atau perusahaan.
   b. Seleksi adalah suatu proses untuk menemukan tenaga kerja yang tepat dari sekian banyaknya kandidat atau calon tenaga kerja yang ada.

3. Pelatihan, Pengembangan dan Penilaian Prestasi
    a. Pelatihan. Hal ini perlu dilakukan kepada tenaga kerja yang baru agar tenaga kerja yang baru tersebut mampu dan mengetahui apa tugas dan apa yang harus dia kerjakan di perusahaan tempat dia bekerja.
   b. Pengembangan. Tenaga kerja yang bekerja pada suatu organisasi harus menguasai apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Untuk itu diperlukan suatu pembekalan agar tenaga kerja yang ada dapat lebih menguasai dan ahli di bidangnya masing-masing serta meningkatkan kinerja yang ada. Dengan begitu proses pengembangan dan evaluasi karyawan menjadi sangat penting mulai dari karyawan pada tingkat rendah maupun yang tinggi.

4. Promosi, Pemindahan dan Pemisahan
   a. Promosi adalah sebuah jenis promosi yang dilakukan perusahaan jika seorang karyawannya bekerja dengan baik dan mematuhi peraturan-peraturan yang ada yang dibuat. Seorang karyawan yang bekerja dengan baik bisa dipromosikan untuk naik level ke jabatan yang lebih tinggi dari jabatan sebelumnya.
  b. Pemindahan dapat berupa pemindahan kebawah atau penurunan jabatan, ataupun kenaikan jabatan.
   c. Pemisahan, disebut juga pemberhentian, bahkan sering disebut downsizing, adalah perpindahan sementara atau tidak definitif seorang pegawai dari daftar gaji. Umumnya adalah untuk mengurangi kelebihan beban biaya tenaga kerja dan permasalahan keuangan perusahaan semakin serius.

Sumber dan Penawaran Personalia Kompensasi, sumber : damasandhika

Ada dua sumber perolehan tenaga kerja yaitu sumber intern dan sumber ekstern, tapi manajer lebih menyukai perolehan dari sumber intern, karena dapat memotivasi karyawan yang sudah ada, tetapi juga manajer perlu mencari orang yang tepat dalam menduduki suatu posisi agar pekerjaan dapat berjalan secara efektif dan efesien dari luar organisasi
Ada tiga sumber penawaran intern, yaitu :
1. Penataran (Upgrading), yaitu dengan mendidik dan memberi latihan.
2. Pemindahan (Transfering), yaitu posisi yang kurang disenangi ke posisi lain yang lebih memuaskan kebutuhan.
3. Pengangkatan (Promoting), yaitu pengangkatan jabatan ke tingkat yang lebih tinggi lagi.
Sumber ekstern pengangkatan tenaga kerja dapat diperoleh antara lain ari lamaran pribadi yang masuk, organisasi karyawan, kantor penempatan tenaga kerja, sekolah-sekolah, para pesaing, imigrasi dan migrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar