Selasa, 28 September 2010

Menjalankan Ubuntu via Mesin Virtual

Banyak orang yang ingin belajar atau memakai ubuntu tetapi bingung karena terbiasa dengan Windows. Kejadian serupa sempat saya alami ketika suatu hari saya membaca artikel tentang Linux di salah satu blog yang menghuni jagad maya ini. Memang ketika saya mencoba untuk menginstal Ubuntu di PC yang jadul saya mengalami banyak kesulitan. Ketika itu saya sempat memformat habis isi harddisk saya tetapi alhasil Ubuntu tidak terpasang di PC saya. Kemudian saya membaca artikel lagi tentang Virtual Machine. Setelah mengetahui bahwa software itu berguna untuk menjalankan sistem operasi didalam sistem operasi maka saya unduh aplikasi tersebut. Kemudian saya memasang di PC saya yang kemudian saya instal (lagi) windows. Proses pemasangan tidak terlalu sukar, mungkin pembaca yang ingin mencoba bisa mengikuti tutorial sederhana berikut ini.
1. Jalankan program Sun Virtual Macchine yang telah di unduh.
2. Install program. Beberapa saat akan muncul
 
klik yes.
3. Kemudian akan muncul jendela baru,
 
klik install. Jendela ini akan muncul beberapa kali.
4. Jika sudah, Finish. lalu jalankan program. Ketika baru dijalankan, maka akan muncul wizard seperti ini
klik next. lalu isi nama mesin virtual dan jenis distro yang akan anda gunakan.
klik next, dan setting berapa anda ingin menggunakan RAM virtual.
klik next.
5. Kemudian anda akan dipandu untuk membuat harddisk virtual.
pilih "Boot Harddisk Primary Master > create new harddisk". Kemudian,
pilih "Dinamically expanding storage", set ukuran harddisk virtual.
Klik next, Finish. Tapi belum selesai sampai disini.
6. Jalankan Sun Virtual Machine anda. Pada awal menjalankan, anda akan diminta untuk mencari dimana file *iso dari distro yang akan anda running. Cari, kemudian klik select.
8. Selamat memakai Ubuntu didalam Windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar