Sabtu, 26 Februari 2011

Kiat Belajar di perguruan Tinggi

Banyak orang berpendapat bahwa belajar di perguruan tinggi lebih santai daripada belajar di SD, SMP, ataupun SMA. Tetapi tidak buat saya. Menurut saya belajar di perguruan tinggi lebih berat atau lebih susah dibandingkan SD, SMP, atau SMA. 
Jika tidak diantisipasi dari awal, belajar di perguruan tinggi bisa menjadi mimpi buruk untuk kita. Kenapa begitu? Coba bayangkan, untuk bisa masuk ke perguruan tinggi favorit kita, kita harus merogoh kocek yang tidak sedikit hanya untuk membeli formulir pendaftarannya saja, belum lagi biaya kuliah per semester, ditambah uang kost (jika tidak memungkinkan pulang-balik), belum lagi biaya hidup (makan). Mungkin bagi sebagian orang itu bukan merupakan masalah, karena orang tua mereka masih cukup mempunyai kocek untuk membiayai mereka. Namun bagaimana jika uang orang tua kita pas-pasan?
Kita harus benar-benar belajar agar orang tua kita tidak kecewa dengan apa yang kita lakukan di perkuliahan. Tidak hanya bagi orang yang punya kocek pas-pasan saja, bagi orang yang mempunyai kocek
lebih pun harus mengatur cara belajarnya agar tidak rugi selama kuliah. Berikut adalah bagaimana cara memaksimalkan belajar di perguruan tinggi.
1. Atur kondisi kamar Anda, 
    karena dengan kondisi kamar yang baik maka akan memungkinkan mood kita    untuk bisa belajar dengan tenang.
2. Menjalin pertemanan.
   Di tempat kuliah kita pasti akan menemukan teman-teman baru. Jalinlah pertemanan kepada siapa saja.             Pemilihan teman dari golongan tertentu akan membuat Anda kesulitan dalam bergaul. Saran saya, jika ada   teman yang mengajak ke hal yang negatif, tolak lah dengan baik, bilang padanya jika teman yang baik tidak  akan menjerumuskan temannya sendiri.
3. Kuliah tepat waktu.
  Saya rasa ini hal yang paling penting. Karena dengan kita datang tepat waktu maka kita tidak akan tertinggal apa yang dijelaskan oleh dosen.
4.  Kerjakan tugas.
    Tugas memang menjadi hal yang kurang disukai bagi sebagian mahasiswa. Tapi ketahuilah, bahwa tugas-tugas yang diberikan dosen akan menjadi penentu nilai Anda dikemudian hari. Dan akan lebih baik jika tugas dikerjakan tepat waktu.
5. Mencari referensi lain.
   Apa yang dijelaskan oleh dosen tidak semuanya dapat kita serap dengan mudah. Saya sendiri menyadari akan hal itu. Maka dari itu ada baiknya Anda mencari referensi dari buku atau sumber-sumber ilmu lain yang berkaitan dengan jurusan Anda.
6. Mengatur jadwal kuliah.
   Waktu memang menjadi harga yang paling mahal. Di bangku kuliah jika Anda telat sedikit memang tidak menjadi masalah, bahkan jika Anda tidak menghadiri perkuliahan juga tidak masalah. Akan tetapi, apakah dengan tanpa menghadiri perkuliahan kita akan bisa? Tidak. Maka dari itu atur jadwal kuliah Anda dengan jadwal-jadwal yang lain seperti kursus atau keluar rumah.
7. Berdoa.
    Jelas, tanpa berdoa tidak akan kita mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar